Home » Kurikulum S1

Kurikulum S1

PROGRAM PENDIDIKAN

KURIKULUM

Tahun 2013 Fakultas Psikologi menerapkan Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT), hal ini sesuai dengan UU Kurikulum Program Studi (PS) S1 Psikologi UBAYA sejak tahun 2013 menggunakan KPT (Kurikulum Perguruan Tinggi).  Dengan menggunakan KPT, maka penentuan capaian pembelajaran mengacu pada deskripsi jenjang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 sesuai Perpres Nomor 8 Tahun 2012, standar nasional pendidikan tinggi sesuai dengan Permenristek DIKTI no 44 tahun 2015, serta kesepakatan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) mengenai pendidikan Sarjana Psikologi dalam SK 01/2015 AP2TPI.

Profil Lulusan yang ingin dicapai oleh PS S1 Psikologi UBAYA adalah:

1. Asisten manager

2. Konselor

3. Guru (PAUD, BK)

4. Wirausaha

5. Trainer

6. Community organizer

7. Peneliti

8. Asesor

Penyusunan capaian pembelajaran juga mempertimbangkan visi misi PS, analisis SWOT, tracer study yang merupakan masukan dari alumni dan pengguna alumni, masukan mahasiswa dan dosen, scientific vision, capaian pembelajaran PS S1 Psikologi UBAYA adalah:

(1) SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berorientasi pada peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalis serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  6. Menjunjung tinggi nilai keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat;
  7. Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakatdan lingkungan;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan integritas akademik, termasuk memberikan penghargaan kepada temuan orisinal orang lain;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, kewirausahaan, dan berorientasi pada mutu.

(2) KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengevaluasi potensi diri untuk melakukan perencanaan karier dan kehidupan, serta mengelola motivasi untuk menjalankannya secara mandiri dan adaptif;
  2. Mampu mengkaji ilmu dan teknologi di bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni terhadap permasalahan yang dihadapi, dan dalam rangka pengembangan berkelanjutan dirinya dan lingkungan kerjanya;
  3. Mampu menerapkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif, dan inovatif dalam konteks implementasi dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  4. Mampu berkomunikasi secara lisan dan menyusun dokumen yang memenuhi kaidah berbahasa dan kaidah ilmiah berdasarkan data yang sahih;
  5. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam bahasa Inggris untuk beraktivitas dalam lingkungan kerja sesuai dengan bidang keahliannya;
  6. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi, data, dan integritas akademik;
  7. Mampu bekerja secara efektif dalam tim dan dalam organisasi, serta mengembangkan relasi dan jaringan kerja;
  8. Bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap diri dan kelompok kerja dalam penyelesaian pekerjaan yang berada di bawah tanggung jawabnya.

Capaian pembelajaran berikutnya adalah keterampilan khusus dan pengetahuan. Dua capaian pembelajaran ini mengacu pada SK AP2TPI tentang capaian pembelajaran S1 Psikologi dan Visi Misi PS yang mengarah ke urban problem.

(3) PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai paradigma, teori, dan konsep-konsep terkait proses-proses mental dasar (termasuk proses belajar, emosi dan motivasi, sensasi dan persepsi, dan fungsi-fungsi kognitif luhur yang meliputi bahasa, penyelesaian masalah, dan inteligensi) untuk melakukan analisis fenomena psikologis pada level individu.
  2. Menguasai paradigma, teori, dan konsep-konsep terkait hubungan manusia dan lingkungan sosialnya, dalam konteks keluarga, sekolah, komunitas sosial, dan industri organisasi di wilayah perkotaan.
  3. Menguasai teknik-teknik statistika dasar, tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma, dan teori tes klasik), desain penelitian (survei, eksperimen, dan kualitatif deskriptif), dan kaidah-kaidah penulisan ilmiah di bidang psikologi.
  4. Menguasai prinsip-prinsip psikodiagnostik, konsep-konsep pendekatan behavioristik dan kognitif untuk melakukan observasi, wawancara, konseling, psikoedukasi, dan pelatihan.
  5. Menguasai prinsip-prinsip etika profesi dan penelitian psikologis.

(4) KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologis berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik.
  2. Mampu melakukan penelitian psikologi secara etis, dengan pendekatan kualitatif generik dan kuantitatif (survei dan eksperimen), serta menganalisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial.
  3. Mampu mengidentifikasi permasalahan psikologis yang kerap muncul di masyarakat perkotaan dalam konteks keluarga, sekolah, industri dan organisasi, serta komunitas sosial dengan melakukan asesmen menggunakan observasi, wawancara, dan skala psikologis secara etis.
  4. Mampu menerapkan teknik konseling, psiko-edukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain berdasarkan pendekatan behavioristik dan kognitif yang sesuai dengan kewenangannya, yang relevan dengan masalah-masalah psikologis masyarakat perkotaan dalam konteks keluarga, sekolah, urban community, serta industri & organisasi.

Kompetensi Lainnya/pilihan lulusan yang dibangun oleh PS S1 Psikologi UBAYA adalah soft skill. Hal ini sesuai dengan masukan dari stake holder yang mengharapkan alumni Program Studi S1 Fakultas Psikologi UBAYA, selain memiliki pengetahuan mengenai Psikologi, alumni juga memiliki soft skill seperti komunikasi, kerjasama, dll. Hal ini sesuai dengan yang ditetapkan UBAYA bahwa alumni harus memiliki soft skill, mengacu pada Peraturan Rektor Universitas Surabaya nomor 45 Tahun 2013 tentang Kompetensi Soft Skill. Alumni UBAYA harus memiliki softskill:

  1. Manajemen diri: Kemampuan untuk mengatur perilaku sesuai dengan tujuan dan standar pribadi serta perubahan tuntutan situasi yang disertai dengan sikap positif dalam menanggapi situasi yang dihadapi sehingga memungkinkannya untuk memotivasi diri agar dapat tetap mencapai tujuannya dengan percaya diri.
  2. Keterbukaan terhadap keragaman: Sikap saling menghargai, toleransi, dan tidak diskriminatif terhadap orang lain yang berbeda suku bangsa, agama, latar belakang sosial ekonomi, gender, dan lain-lain.
  3. Komunikasi: Kemampuan untuk menyampaikan dan menerima pendapat/ide/gagasan secara sistematis dan logis sesuai dengan konteks baik secara lisan maupun tulisan, antar individu ataupun di depan umum.
  4. Kerjasama dalam tim: Kemampuan untuk bekerjasama dengan anggota tim dengan berbagai macam karakter dan keunggulan serta melihat pentingnya peran masing-masing anggota demi tercapainya tujuan bersama.
  5. Kepemimpinan: Kemampuan memengaruhi, membantu, dan memberi teladan kepada orang lain secara positif untuk mencapai tujuan bersama.
  6. Keterampilan berpikir: Keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk menggunakan pemahamannya terhadap pengalaman dan pengetahuannya dalam rangka menemukan masalah dan memecahkan masalah untuk menyelesaikan tugas akademis.
  7. Belajar sepanjang hayat: Kemampuan untuk mengatur perilaku sesuai dengan tujuan dan standar pribadi serta perubahan tuntutan situasi yang disertai dengan sikap positif dalam menanggapi situasi yang dihadapi sehingga memungkinkannya untuk memotivasi diri agar dapat tetap mencapai tujuannya dengan percaya diri.
  8. Integitas: Kemampuan untuk bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik akademis walaupun dalam keadaan yang sulit. Dengan kata lain, “menjalankan apa yang dikatakan”.
  9. Keterampilan organisasi (prosedur): Kemampuan untuk mempelajari dan menerapkan serangkaian langkah, aturan atau panduan yang diperlukan (dalam organisasi) untuk melaksanakan suatu tugas, tanggung jawab atau peran tertentu.

PS S1 Psikologi UBAYA mengacu 9 kompetensi soft skill lulusan. Universitas Surabaya memilih 4 soft skill untuk dikembangkan dalam kurikuler, dan 5 softskill lainnya akan dikembangkan dalam kokurikuler dan ekstrakurikuler. 4 soft skill yang dikembangkan di kurukuler PS S1 Psikologi UBAYA yaitu:

  1. Komunikasi
  2. Kerjasama dalam tim
  3. Keterampilan berpikir
  4. Integritas

PS S1 Psikologi UBAYA perlu menambahkan 1 soft skill lagi yaitu:

  1. Computer literacy yaitu kemampuan dan keyakinan diri dalam mengoperasikan komputer, khususnya yang terkait dengan pengolahan data (seperti Excel dan SPSS), perangkat untuk melakukan penelusuran informasi ilmiah secara online, serta perangkat lunak menulis dan menyampaikan informasi (word, powerpoint)

 

Lima soft skill ini dibentuk dalam proses pembelajaran kurikuler (dalam setiap Rencana Pembelajaran Semestr matakuliah, telah dicantumkan soft skill yang harus dikembangkan). Karena dituntut mengembangkan soft skill maka metode pembelajaran yang dilakukan harus student centre learning, yang menuntut mahasiswa aktif dalam proses pembelajarannya.

Soft skill lainnya dibentuk melalui kegiatan kokurikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa,

1) Masa Orientasi Baru – kegiatan pertama di Universitas saat mahasiswa masuk sebagai mahasiswa UBAYA,

2) Growing Personal Best (kegiatan di universitas),

3) Exploring My Self Camp (kegiatan wajib di PS S1 Psikologi Ubaya bagi mahasiswa semester 2),

4) Self Help Camp (kegiatan wajib di PS S1 Psikologi UBAYA bagi mahasiswa semester 4)

5) Live In (kegiatan wajib di PS S1 Psikologi UBAYA bagi mahasiswa semester 5 atau 6)

6) Keikutsertaan PkM (Program Kreativitas Mahasiswa).

Kegiatan Ekstrakurikuler yang dapat diikuti adalah kegiatan di universitas seperti olah raga, kegiatan keagamaan, kegiatan di PUSHAM, dll. Kegiatan di Fakultas yang dapat diikuti antara lain adalah menjadi asisten dosen, asisten PKLP (tester, asisten Tempat Penitipan Anak, Sanggar Kreativitas), kegiatan di KSGK (Kelompok Studi Gender dan Kesehatan), CL2, kegiatan di laboratorium.

 

STRUKTUR KURIKULUM FAKULTAS PSIKOLOGI UABAYA

Jumlah SKS yang harus ditempuh mahasiswa adalah 144 SKS, dan terbagi dalam 8 semester

Semester I (Total SKS 20)

561101   (3 sks)     Filsafat Ilmu dan Logika

541101   (2 sks)     Bahasa Inggris Akademik

00141 A (3 sks)     Pancasila dan Kewarganegaraan

561102   (6 sks)     Sosiologi dan Antropologi Masyarakat Perkotaan

561201   (6 sks)    Teori Dasar dan Aplikasi Psikologi: Keluarga dan Sekolah

 

Semester II (Total SKS 20)

0011A-0116A  (3 sks)  Pendidikan Agama

542102  (2 sks)         Bahasa Indonesia Akademik (Penulisan Karya Ilmiah)

562103  (3 sks)          Filsafat Manusia dan Moral

562202  (6 sks)          Teori Dasar dan Aplikasi Psikologi: Urban Community

562203  (6 sks)          Biopsikologi

 

Semester III (Total SKS 20)

563204  (6 sks)         Teori Dasar dan Aplikasi Psikologi: Industri & Organisasi

563301  (8 sks)          Asesmen Psikologis: Observasi dan Interview

563401  (6 sks)          Pengukuran Psikologis (Tes Prestasi)

 

Semester IV (Total SKS 22)

564501   (4 sks)           Metode Riset Psikologi: Survei

564302  (8 sks)           Asesmen Psikologis: Tes Psikologi

564402  (6 sks)           Pengukuran Psikologis (Skala Psikologi)

564502  (4 sks)           Metode Riset Psikologi: Eksperimen

 

Semester V (Total SKS 20)

565601  (7 sks)          Teori dan Teknik Intervensi: Behavioristik dan Kognitif

566602  (6 sks)         Teori dan Teknik Intervensi: Training

565503 (4 sks)          Metode Riset Psikologi: Kualitatif

Matakuliah pilihan (pilih salah satu)

565701  (3 sks)         Psikologi Ekonomi dan Bisnis**)

565702  (3 sks)         Kesehatan Mental Anak dan Remaja**)

565703  (3 sks)         Psikologi gender**)

565704  (3 sks)         Isu Kontemporer**)

 

Semester VI (Total SKS 18)

566603  (9 sks)         Teori dan Teknik Intervensi: Konseling dan Coaching

566504  (3 sks)        Proposal Skripsi

Matakuliah pilihan (pilih 2 matakuliah)

566705  (3 sks)       Psikogeriatri**)

566706 (3 sks)       Asesmen Berbasis Perilaku**)

566707 (3 sks)       Talent Manajemen**)

565704 (3 sks)       Isu Kontemporer**)

 

Semester VII (Total 18 sks) – pilih 2 matakuliah

567604  (9 sks)      Aplikasi Asesmen dan Intervensi: Keluarga *)

567605  (9 sks)     Aplikasi Asesmen dan Intervensi: Sekolah*)

567606  (9 sks)       Aplikasi Asesmen dan Intervensi: Industri & Organisasi *)

567607  (9 sks)      Aplikasi Asesmen dan Intervensi: Urban Community *)

 

Semester VIII (Total SKS 6)

568505  (6 sks)      Skripsi

 

*) pilih dua dari empat MK yang ditawarkan

**) dari 7 matakuliah pilihan yang ditawarkan, mahasiswa boleh memilih 3 MK