Home » Berita » Tujuan

Tujuan

Nilai Unggulan Alumni Fakultas Psikologi Ubaya

Tujuan pendidikan sarjana Psikologi UBAYA adalah menghasilkan lulusan yang kompeten untuk menangani persoalan perkotaan dengan pertanggungjawaban etis-akademis yang dijiwai oleh semangat belajar berkelanjutan. Kompentensi ini mencakup perilaku kesehatan, pengelolaan sumber daya insani, dan keberagaman dalam berbagai manifestasinya. Dengan demikian lulusan diharapkan mampu :

  • Mencari, mengolah, dan menggunakan informasi secara ilmiah berkaitan dengan bidang-bidang yang ditangani,
  • Melakukan intervensi dengan lingkup individual. Kelompok maupun komunitas,
  • Bekerja di berbagai bidang atau menempuh studi lanjut.

Fakultas Psikologi mempunyai enam program kekhususan pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan dunia kerja dan industri. Tiap program mempunyai ciri kompentensi kelulusan sebagai berikut :

Psikologi Umum

  • Mampu mengembangkan alternatif pemecahan masalah menjadi perekat lintas batas dan antar spesialisasi ilmu dan profesi
  • Mampu mengembangkan indigenous psychology.

Psikologi Perkembangan
Memiliki ketajaman analisis masalah keluarga dalam konteks masyarakat.

Psikologi Pendidikan
Memiliki kepekaan terhadap masalah pendidikan secara integral (sistem, materi, metode, manajemen  keluarga, sekolah, dan masyarakat).

Psikologi Klinis
Mampu menangani masalah secara preventif, kuratif, dan rehabilitas dengan pendekatan individu dan kelompok.

Psikologi Sosial

  • Memiliki kepekaan terhadap permasalahan sosial di masyarakat, terkait dengan  kelompok (etnik, ras, agama), budaya, gender, hukum, politik, dan lingkungan.
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Mampu mengembangkan sistem-sistem industri transfomatif dan pengembangan potensi sumber daya insani.

Beban Studi
Pendidikan Fakultas Psikologi UBAYA ditempuh selama delapan semester untuk program S-1 dan empat semester untuk Program Magister Profesi Psikologi.

Profesi Psikologi

  1. Kiprah di kancah industri dan organisasi : Melakukan analisis dan memberikan alternatif solusi terhadap pengembangan sistem industri, khususnya yang terkait dengan psikologi perekayasaan teknologi termasuk sistem manajemen produksi/operasi dan pemasaran. Selain itu menekankan pada pengembangan sistem manajemen sumber daya insani, seperti merancang sistem rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan, penilaian potensi terstruktur (assessment center), pelatihan dan pengembangan, pelatihan kinerja, sistem renumerasi hubungan industrial, dan budaya perusahaan.
  2. Kiprah di rumah sakit, klinik, layanan umum : Memberikan bantuan kepada mereka yang mengalami hambatan/gangguan dalam kehidupan pribadi, kehidupan emosi, dan penyesuaian diri, misalnya masalah keluarga, masalah perkawinan, masalah pergaulan, dan masalah gangguan jiwa.
  3. Kiprah di institusi pendidikan formal dan non formal : Melayani bimbingan dan konseling serta konsultasi psikologi, merancang kurikulum, dan mengembangkan metode-metode pangajaran.
  4. Kiprah di departemen pemerintah dan jajarannya : Sebagai konsultan ahli dalam menyusun kebijaksanaan dari masalah yang terutama berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat, seperti masalah keluarga berencana, perilaku sosial, agresi, kriminal, kenakalan remaja, transmigrasi, dan urbanisasi.

Pada tahun 2004, Fakultas Psikologi UBAYA dan Fakultas Psikologi Universiteit Maastricht (Unimaas) di Belanda, berhasil mencapai kata sepakat dalam berbagai bentuk kerjasama seperti program pertukaran pelajar, pertukaran staff pengajar, dan penelitian bersama. Disamping itu Fakultas Psikologi UBAYA juga telah banyak bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka dan berbagai lembaga internasional seperti penandatanganan MoU dengan Psycho Political Peace International Switzerland, penelitian bersama dengan Univerity of Groningen-Belanda tentang Sidoarjo School Improvement Program, penelitian bersama dengan ARROW – Ford Foundation tentang Reproductive Health Monitoring and Advocacy dan penelitian mengenai “The Antecedents and Concequences of Work Family Conflict” in Turkey, India, USA and Indonesia. Kerjasama ini dilakukan dalam upaya mengembangkan Fakultas Psikologi UBAYA secara menyeluruh.


Leave a comment