Home » Berita » Sejarah

Sejarah

logo-ubaya-terang-pngFakultas Psikologi Ubaya berdiri sejak tanggal 2 September 1982, pada tanggal September 1982 di Gedung Wanita, Jalan Kalibokor, Surabaya berlangsung upacara peresmian penerimaan mahasiswa baru dan pembukaan tahun akademik 1982-1983, yang pertama untuk Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Pada pagi hari yang cerah itulah pimpinan fakultas psikologi yang pertama yang terdiri dari bapak dr. Hari K. Lasmono selaku Dekan merangkap Wakil Dekan II, almarhum bapak Ahmad Halimi Zaini, S.Psi., selaku Wakil Dekan I dan almarhum bapak R.M. Gregorius Poerwadi, Lic., selaku Wakil Dekan III bersama-sama pimpinan fakultas-fakultas lain di lingkungan Universitas Surabaya, berhadap-hadapan dengan para mahasiswa baru UBAYA di antaranya 119 mahasiswa baru fakultas psikologi, putra-putra dan putri-putri Indonesia yang berjiwa pelopor dan pejuang; mereka inilah pembuat sejarah yang sebenarnya, karena tanpa mereka Fakultas Psikologi Universitas Surabaya tidak mungkin dibuka pada pagi hari yang bersejarah tersebut. Salut dan penghargaan yang setinggi-tingginya patut dilayangkan kepada mereka! Bersama merekalah seluruh staf edukatif dan non edukatif mengawali perjuangannya.

Tanggal 30 Oktober 1984 terbit Keputusan Mendikbud RI Nomor 0511/O/1985 yang antara lain berisi pengesahan Jurusan pada Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, namun yang kemudian dicabut dan diganti dengan Keputusan Mendikbud RI Nomor 0395/O/1986 pada 23 Mei 86 tentang Penyesuaian Jalur, Jenjang, dan Program Pendidikan serta Penataan Kembali nama Unit, Jurusan/Program Studi Status Terdaftar pada PTS dalam Lingkungan Kopertis Wilayah VII. Keputusan kemudian berubah dengan terbitnya status Diakui dari SK. Dirjen Dikti Nomor 62/DIKTI/KEP/1993 tanggal 29 Januari 1993, status Disamakan dengan SK. Dirjen Dikti Nomor 386/DIKTI/KEP/1996 tanggal 19 Juli 1996 dan terakreditasi A berdasarkan Nomor SK-BAN PT DEPDIKBUD RI Nomor 002/BAN-PT/Ak-III/XII/1998 tanggal 22 Desember 1998. Terakhir Fakultas Psikologi dapat mempertahankan Akreditasi A, berdasarkan Nomor 035/BAN-PT/Ak-VII/S1/VIII/2004 tanggal 23 Agustus 2004. Fakultas Psikologi Ubaya bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten untuk menangani persoalan perkotaan pertanggungjawaban etis-akademis yang dijiwai oleh semangat belajar berkelanjutan. Kompetensi ini mencakup perilaku kesehatan, pengelolaan sumber daya insani, dan keberagaman dalam berbagai manifestasinya.

Saat ini fakultas psikologi telah memiliki 5 gedung besar (PA, PB, PC, PD, dan sebagian PE), dengan jumlah dosen tetap 38 orang yang memiliki kualifikasi akademik yang baik. Perkembangan sumbangan TRI DHARMA PENDIDIKAN TINGGI (pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) makin luas dan berarti di masyarakat. Kita perlu bercermin pada perjalanan sejarah psikologi UBAYA. Betapa usaha, perjuangan dan kecintaan terhadap Psikologi UBAYA telah mengembangkan Psikologi UBAYA menjadi seperti ini.

Semangat itu harus dimiliki oleh seluruh komponen civitas akademika di Fakultas Psikologi UBAYA, baik dosen, staf administrasi, maupun mahasiswa. Kita tidak akan bisa menjadi makin besar tanpa usaha dan dukungan berbagai pihak secara bersama-sama.


Leave a comment